Rabu, 25 Juli 2018

Generasi Jaddung untuk Madura



Bangsa yang besar diciptakan atas dasar perjuangan seluruh elemen masyarakat dari berbagai daerah maupun agama dan budaya. Salah satunya adalah daerah yang terletak diujung barat pulau Madura yaitu daerah Jaddung kecamatan Tragah yang ada di Kabupaten  Bangkalan.
Senin, 23 Juli 2018, Dalam agenda Program Kerja  KKN kelompok 8, kami mencoba untuk memberikan suatu kontribusi berupa pengabdian kepada bagian elemen masyarakat dengan mengenalkan kearifan lokal yang ada di Daerah Madura pada umumnya . baik dari sejarah, ekonomi, dan budaya serta kekayaan bahasa yang ada didaerah Madura.
Dengan berbagai harapan yang menjadi sebuah cita-cita kami yaitu ingin mengenalkan kembali kearifan lokal yang begitu penting bagi semua kalangan khususnya generasi baru agar tetap bisa menjaga dan mengembangkan dengan baik mengikuti era atau masa yang ada. Kami mencoba memberikan sedikit asupan kepada anak yang sedang duduk dibangku sekolah dasar (SDN Jaddung) yang ada di desa Jaddumg Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan, berupa pembahasan terkait sejarah, budaya, pariwisata dan berbagai bahasa di Madura.  Dengan harapan akan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya daya ingat anak, khususnya yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD). Kemudian daripada itu pengenalan tersebut juga menyampaikan tentang Otonomi Daerah di Pulau Madura yang terbagi menjadi beberapa Kota/Kabupaten diantaranya Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep.
Keragaman budaya juga disampaikan oleh Tim 8 KKN ini termasuk tarian asal madura dan lagu daerah Khas Madura. Dengan adanya program pengenalan sejarah inilah diharapkan agar anak-anak bangsa lebih mencintai Negerinya sendiri dan menumbuhkan Jiwa Nasionalisme serta Patriotisme Bangsa Indonesia.

(Sumber: kkntematik8/PengenalanBudayaMadura)

kkn8 utm

About kkn8 utm

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :