Rabu, 25 Juli 2018

Pembuatan Briket dari Sekam Padi



Pada hari Sabtu, 18 Juli 2018, Kali ini KKN Tim 8 mencoba melakukan eksperimen untuk menemukan inovasi pengganti gas alam dengan memanfaatkan limbah padi berupa sekam yang didaur ulang kemudian dibentuk seperti gumpalan yang berwarna hitam hasil pembakaran. Inovasi ini ditujukan kepada masyarakat Desa Jaddung untuk mengoptimalisasi bahan bakar pengganti gas alam.
Pembuatan ini dilakukan melalui beberapa tahap, diantaranya melalui tahap pembakaran sekam, tahap penghalusan dan penyortiran sekam, tahap pencampuran dengan tepung tapioka, tahap percetakan bentuk sesuai keinginan, tahap pengeringan sampai benar-benar kering. Tahap ini dianjurkan dilakukan dengan cara yang tepat tanpa ada yang terlewat agar hasil yang didapatkan menjadi maksimal.
Ide kreatif ini membawa dampak positif  bagi masyarakat Desa Jaddung yang terletak pada Kecamatan Tragah, Bangkalan, Jawa Timur. Dampak yang dirasakan tersebut salah satunya adalah mereka menjadi masyarakat yang mandiri dengan memanfaatkan limbah padi yang disebut sekam menjadi berguna. 

kkn8 utm

About kkn8 utm

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :