Rabu, 25 Juli 2018

Potensi Desa Jaddung



Desa ini terletak di wilayah timur Pulau Jawa dan bagian dari Propinsi Jawa Timur, yakni Pulau Madura khususnya Kota/Kabupaten Bangkalan. Desa ini bernama Jaddung yang terletak di Kecamatan Tragah. Mengingat asal muasal Desa Jaddung yang dahulu adalah hutan belantara yang tidak terjamah oleh manusia. Kemudian lambat laun, kehidupan manusia yang nomaden sering berpindah tempat maka akan sangat berpotensi membuka lahan pemukiman baru didaerah hutan belantara.
Berbicara mengenai potensi, Desa ini mengandalkan hasil alam yang tumbuh di tanah Madura ini. Sebagian mata pencaharian desa ini berprofesi sebagai petani. Hasil pertanian dari desa ini cukup lumayan banyak diantaranya adalah hasil alam sejenis biji-bijian dan kacang-kacangan. Dengan memanfaatkan hasil alam, mereka dapat bertahan hidup untuk memenuhi papan, pangan, dan sandang.
Potensi yang paling produktif adalah mengenai hasil alam pertanian padi yang mana menjadi kebutuhan pokok perekonomian desa ini. Pemanfaatan padi juga tidak hanya menjadi beras yang siap jual, akan tetapi juga ada beberapa macam pemanfaatan menjadi krupuk khas desa ini yakni Krupuk Puli.
Pemanfaatan limbah nasi ini cukup efektif sehingga ide kreatif mereka menjadikan limbah tersebut menjadi sebuah cemilan khas desa ini yakni Krupuk Puli. Dengan meningkatnya angka pendidikan dikalangan masyarakat menjadikan obyek tersebut menjadi nilai positif sebagai penunjang provit mereka.
Demikian sekilas info mengenai Desa Jaddung beserta potensi yang dimiliki masyarakat sehingga dapat menjadi ilmu bagi kita untuk memahami bagaimana Bangsa Indonesia ini kaya akan hasil alam dan kaya akan kreatifitas serta kemandirian etos kerja yang sangat baik.

kkn8 utm

About kkn8 utm

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :