Selasa, 24 Juli 2018

Sejarah Desa Jaddung, Kec. Tragah, Kab. Bangkalan



 Menurut cerita turun menurun Desa Jaddung pada jaman dahulu adalah sebuah pematang sawah yang luas. Tempat ini (sawah) adalah tempat seorang pengembala bebek, karna di sawah itu terdapat banyak makanan untuk bebek spt kol sawah, sehingga  pengembala bebek sangat suka  mengembala bebeknya ke tempat ini. Suatu hari terbersit di pikirannya untuk mendirikan sebuah gardu di pematang sawah yang hanya sekedar untuk berteduh.
Beberapa waktu kemudian ada suatu kejadian, dimana ada hujan yang sangat lebat dan tidak berhenti sampai malam menjelang. Sang pengembalapun terpaksa menginap di kardu yang selama ini sebagai tempat berteduh. Pada pagi hari dia terbangun dan merasa bahwa tidurnya lelap sekali dan pikirannya terasa tenang. Lama kemudian dia berfikir bahwa dia  akan melebarkan kardu sebagai tempat tinggal bersama keluarganya.
Lama kemudian, ada pengembala lain juga ikut mendirikan tempat tinggal untuk keluarganya juga karna lebih mudah mengembala bebek mereka, dari pada berjalan kaki di pagi hari dari rumahnya sendiri menuju ke sawah yang banyak makanan buat bebeknya.
Setelah beberapa tahun lamanya beliu merncanakan mtempat itu menjadi sebuah desa dan tempat yang mereka tempati di beri nama JADDUND yang artinya ORENG NGANDUN ( bahas Madura ) artiny orang pendatang.  yang sampai sekarangpun masih tetap bernama Desa jaddung. Semenjak itu nama Desa Jaddung terkenal dengan bebeknya yang sangat lezat dagingnya, telornya juga berukuran besar karna makanan yang ada di desa jaddung belum tentu ada di tempat laennya.
Adapun Luas Wilayah Desa JADDUNG adalah. 66.40 Ha Dengan Batas Wilayah Yaitu :
Sebelah Utara        Desa Buddan
Sebelah Selatan     Desa Banyubesih, soket dejeh
Sebelah Timur       Desa Patemon, Dumajeh
Sebelah Barat        Desa Pamorah,banyubesih

Untuk lebih jelasnya berikut silsilah Kepala Desa yang pernah memimpin desa JADDUNG dari jaman dahulu sampai saat ini :
1.                    Bapak KADI
2.                    Bapak RA’IS
3.                    Bapak DARRI
4.            Bapak MUNAKSUM

Kebudayaan Masyarakat Desa JADDUNG  yang ada sejak zaman dulu diantaranya ;   SAMMAN

Wilayah Desa JADDUNG terangkum dalam wilayah Kecamatan Tragah. Pada tahun 1930.

kkn8 utm

About kkn8 utm

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
30 Juli 2018 08.11 delete

Terimakasih ininfony, sangat membmemb

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
30 Juli 2018 08.12 delete

Terima kasih atas informasinya, sangat membantu

Reply
avatar