Senin, 06 Agustus 2018

Kegiatan Yasinan Rutin Desa Jaddung



Desa Jaddung merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur Indonesia. Setiap desa  pasti mempunyai  adat istiadat yang berbeda-beda sesuai dengan  struktur sosial  dalam masyarakat.  Adat adalah kebiasaan-kebiasaan yang berlangsung dan menjadi norma dalam masyarakat atau pola-pola perilaku tertentu dari warga masyarakat di suatu daerah. Dalam adat istiadat terkandung serangkaian nilai, pandanaganhidup, cita-cita pengetahuan dan keyakinan serta aturan-aturan yang saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan yang bulat. Fungsinya sebagai pedoman tertinggi dalam bersikap dan berperilaku bagi seluruh warga masyarakat.
Desa Jaddung mempunyai tiga dusun yaitu dusun Jaddung Timur, Jaddung Tengah, dan Jaddung Barat. Dari ketiga dusun tersebut adat istiadat yang dari dulu sampai sekarang masih dilaksanakan adalah yasinan. Yasinan merupakan kegiatan membaca surat yasin secara bersama-sama, dan dilanjutkan dengan membaca surat alfatihah, membaca tahlil, serta ditutup dengan doa. Yasinan di Desa Jaddung  dilakukan pada waktu tertentu. Untuk yasinan laki-laki dilakukan dua kali dalam seminggu yaitu pada malam kamis dan malam jum’at. Sedangkan untuk yasinan perempuan dilakukan pada malam jum’at. Kegiatan yasinan tersebut dilakukan di rumah warga secara bergantian. 

kkn8 utm

About kkn8 utm

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :