Rabu, 01 Agustus 2018

Pemanfaatan Kotoran Sapi sebagai Biogas



Pemanfaatan kekayaan alam dan sumber daya manusia sangat berpengaruh dalam proses pengembangan desa, 80% masyarakat desa Jaddung berprofesi sebagai petani dan 20% diantaranya memiliki ternak sapi, sehingga siklus kekayaan alam yang ada mempunyai potensi untuk dikembangkan.
 Kotoran sapi merupakan salah satu bentuk permasalahan yang ada dimasyarakat, pada awalnya kotoran tersebut hanyalah kotoran yang harus segera disingkirkan, namun dengan kesadaran masyarakat dengan lingkungan sekitar sehingga muncul sebuah pemikiran untuk memanfaatkan kotoran sapi. Dari kotoran sapi tersebut dapat dialih fungsikan sebagai bahan baku untuk menghasilhan gas yang sering disebut dengan Biogas.
Biogas sangat berpotensi untuk dimanfaatkan menjadi sumber energi terbarukan. Hal ini dikarenakan kandungan gas metana (CH4) yang tinggi dan nilai kalornya yang cukup tinggi yaitu berkisar antara 4.800-6.700 kkal/m3. Dimana gas metana hanya memiliki satu karbon di setiap rantainya yang membuat pembakarannya lebih ramah lingkungan.
Biogas dapat dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar LPG dan minyak tanah yang biasa digunakan unutk memasak, juga dapat menggantikan bahan bakar minyak seperti bensin dan solar. Selain itu biogas juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi unutk membangkitkan listrik.
Pembuatan biogas ini dapat menghasilkan gas metana serta mengurangi pencemaran lingkungan, bisa juga menghasilkan pupuk organik yang padat dan cair serta lebih pentinglagi dalam biogas ini dapat menguragi ketergantungan untuk pemakaian bahan bakar minyak bumi yang tidak bisa lagi untuk diperbarui.

kkn8 utm

About kkn8 utm

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :