Rabu, 08 Agustus 2018

Sosialisasi HIV AIDS dan Pernikahan Dini


Pada tanggal 2-Agustus-2018, KKN 8 Universitas Trunojoyo Madura yang tengah mengabdi di desa Jaddung, Tragah, Bangkalan mengadakan sosialisasi HIV AIDS dan Pernikahan Dini dengan mendatangkan pemateri yang berkompeten di bidangnya yaitu duta HIV/AIDS Sidoarjo. Sosialisasi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang 2 hal tersebut. Selain itu, sosialisasi ini juga di harapkan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat desa Jaddung tentang bagaimana mereka mengantisipasi kemungkinan terjangkitnya virus HIV/AIDS, dan beberapa hal yang lain terkait HIV/AIDS.  HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. HIV belum bisa disembuhkan, tapi ada pengobatan yang bisa digunakan untuk memperlambat perkembangan penyakit. Pengobatan ini juga akan membuat penderitanya hidup lebih lama, sehingga bisa menjalani hidup dengan normal.Dengan diagnosis HIV dini dan penanganan yang efektif, pengidap HIV tidak akan berubah menjadi AIDS. AIDS adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV.
Selain HIV/AIDS, Pernikahan dini juga dikupas tuntas di kegiatan sosialisasi ini. Dalam hal ini dijelaskan beberapa point penting mengenai pernikahan dini seperti usia ideal menikah, usia produktif, bahaya pernikahan dini, dll. Pernikahan dini menjadi salah satu point penting yang dibahas di sosialisasi ini di karenakan jumlah pernikahan dini di desa Jaddung terbilang cukup banyak mencapai 50%. Tentunya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk mengubah mindset masyarakat desa khususnya para ibu dan para gadis untuk tidak menikah atau menikahkan putrinya di usia yang terlalu dini.
Adapun sasaran dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu warga desa Jaddung, khususnya Ibu PKK dan Pemuda/i. Antusias masyarakat sangat positif ketika berlangsungnya sosialisasi ini karena 2 materi yang dibahas di sosialisasi ini sangat menarik dan sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan. Jadi, beberapa pertanyaan menyerbu pemateri sehingga membangun diskusi yang sangat aktif.

kkn8 utm

About kkn8 utm

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :